Sabtu, 25 Agustus 2012

Apakah NAT itu?

Network Address Translation (NAT) adalah jaringan yang didisain untuk menyederhanakan IP address dan berperan juga untuk melindungi jaringan. NAT merupakan teknologi yang memungkinkan jaringan IP Private,software yang melakukan NAT yang memungkinkan seluruh koneksi rumahan berbagi koneksi internet melalui satu IP address. Dengan menggunakan akses satu internet cable modem, DSL modem ataupun koneksi dial up 56k sehingga jaringan lokal (LAN=Local Area Network) dapat terkoneksi ke internet secara bersamaan. Sebagai fitur tambahan pada jaringan, NAT melindungi jarigan LAN Anda dari serangan parahacker.NAT berlaku sebagai penerjemah antara dua jaringan. Dalam beberapa kasus pada jaringan rumahan, posisi NAT diantara jaringan internet dan jaringan lokal Anda. Internet sebagai sisi “Public” dan jaringan lokal sebagai sisi “Private”. Ketika komputer pada jaringan private menginginkan data dari jaringanpublic (internet), maka perangkat NAT membuka sedikit saluran antara komputer dan komputer tujuan. Ketika komputer pada jaringan internet membalikkan hasil dari permintaan, yang dilewati melalui perangkat NAT kepada komputer peminta, sehingga paket tersebut dapat diteruskan melewati jaringan public. dapat membagi koneksi akses internet. Dengan menggunakan perangkat keras atau beberapa  Keuntungan menggunakan NAT adalah memungkinkan menambah IP address, tanpa merubah IP address pada komputer.
Ada beberapa keuntungan lain dalam menggunakan NAT, diantaranya :
  1. Menghemat IP legal yang diberikan oleh ISP (Internet service provider)
  2. Mengurangi terjadinya duplikasi IP address pada jaringan
  3. Menghindari proses pengalamatan kembali pada saat jaringan berubah
  4. Meningkatkan fleksibilitas untuk koneksi ke internet
Kerugian menggunakan NAT diantaranya :
  1. Proses translasi menimbulkan keterlambatan karena data harus melalui perangkat NAT (software atau hardware).
  2. Terdapat beberapa aplikasi yang tidak dapat berjalan ketika menggunakan jaringan NAT, khususnya NAT yang menggunakan software.
  3. Menghilangkan kemampuan untuk melacak data karena melewati firewall.
Sewaktu Internet terus mengalami laju peningkatan, NAT menawarkan cara cepat dan efektif untuk memperluas akses internet yang aman ke dalam jaringan yang sudah ada dan maupun jaringan-jaringan lokal yang baru. NAT menawarkan keluesan dan performa dibandingkan aplikasi alternatif setingkat proxy, dan menjadikan ukuran standar untuk akses internet yang dibagi-bagi (connection sharing).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar